Festival IslamicTunes Batubara Bidik Event Tingkat Provinsi Sumatera Utara

Babak final menjadi puncak acara Festival IslamicTunes Batubara, digelar pada hari Minggu (21/7/2019) dari pukul 09.00 – 17.00 WIB di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara. Ajang kompetisi vokal grup nasyid ini berlangsung dengan sukses dan meriah. 

Ermansyah Putra, Ketua Pelaksana Festival IslamicTunes Bartubara saat menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang. (Dok. Istimewa)

“Alhamdulillah, acara ini mendapat respon antusias dari masyarakat, karena untuk pertama kalinya diadakan di Batubara. Masyarakat, pemerintah, dan komunitas-komunitas seni budaya di Batubara ingin kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan. Saat ini kami juga sedang mengurus pelaksanaan Festival IslamicTunes Tingkat Provinsi Sumatera Utara,” kata Ermansyah Putra, Ketua Pelaksana Festival IslamicTunes, saat diwawancarai Kamis 25/7/2019. 

Pendiri Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren NURUL HIDAYAH THARIQAT NAQSABANDIYAH JABAL HINDI saat menyerahkan hadiah pada pemenang. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Ilham Chokie yang dipercaya sebagai juri pada festival ini mengatakan, “Kita patut mengapresiasi penampilan para peserta, atas keberanian mereka menunjukkan kemampuan mereka dalam berolah vokal. Batubara punya talent nasyid yang kuat. Tinggal mereka membiasakan diri untuk tampil agar kekuatan vokal dan kontrol dalam menggunakan mikrofon makin sempurna.” 

Pembawa acara Hanafi Zein saat mengumumkan pemenang Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

Seperti yang diumumkan oleh pembawa acara Hanafi Zein, nama dan hasil penilaian grup nasyid pada final Festival IslamicTunes Batubara adalah sebagaimana berikut, diurut dari peringkat pertama hingga ke sepuluh; Fastabiqul Khairat (171), Asyahidul Khoir (155), Alfazza (153), Nurul Huda (151), Arrayyan (141), Hapso (136), Fastabiqul Khairat Putri (135), Al Fatih (126), Al Husnah (125), dan Khairunnisa (107). 

Para personal grup nasyid Fastabiqul Khairat asal Kabupaten Batubara, Peraih Juara Pertama Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

“Dewan Juri diberi kewenangan penuh dalam menentukan juaranya, agar memberi penilaian objektif, sesuai dengan kemampuan vokal yang mereka tampilkan,” kata Ilham. 

(Dari kiri) H. Rozman Abas, Founder and Advisor IslamicTunes bersama Syekh Muhammad Husin Rasyid di acara final Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

Di sela acara, ajang final Festival IslamicTunes Batubara ini juga dimeriahkan oleh penampilan shalawat, hadroh, dan pidato dari para santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi Batubara. Acara juga diramaikan dengan stand bazar yang menyediakan berbagai kerajinan dan kuliner dari daerah Batubara.

Stand bazar Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

“Kegiatan ini sangat bagus dan berfaedah, selain jadi media bagi generasimuda dalam menuangkan bakat mereka juga jadi media dakwah pada masyarakat dan diri mereka sendiri dalam mensyiarkan syariat Islam. Pendiri yayasan kami, Syekh Muhammad Husin Rasyid mengatakan semua penampilan pada festival ini mampu menunjukkan kemampuannya yang terbaik,” kata Fahri, Kepala Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jabal Hindi. 

Piala dan hadiah Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

Seperti yang dikatakan Erman, grup nasyid yang meraih juara pertama Festival IslamicTunes Batubara akan memperoleh pembinaan lanjutan dan masuk dapur rekaman di bawah naungan label musik Loonaq Records. Lagu mereka akan dipromosikan oleh IslamicTunes, digital music store dunia, semoga dapat menjadi ikon nasyid di Asia Tenggara.

Foto bersama usai acara final Festival IslamicTunes Batubara. (Dok. Istimewa)

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli – Reporter IslamicTunesNews)

Advertisements

Leave a Reply