GEMA PASBAR. (Dok. Istimewa)

GEMA PASBAR FAIR 2020 Angkat Nilai Pendidikan, Sosial Keagamaan, dan Literasi

Halal Expo & Muslim Fair

IslamicTunesNews.com – GEMA PASBAR merupakan organisasi independent yang mengedepankan nilai pendidikan, agama dan literasi yang ada di Pasaman Barat, terkhusus untuk para pelajar SMA/SMK/MA/Ponpes di Pasaman Barat. Saat ini dipimpin oleh Ketua Umum Robi Maulidi, seorang mahasiswa UIN Imam Bonjol berasal dari Sariak Kec. Luhak Nan Duo merupakan

Program GGS20 dari GEMA PASBAR

Beberapa agenda GEMA PASBAR yang telah rutin dilaksanakan diantaranya BAKSOS, GGS, SEMINAR, dan beberapa agenda lain yang pelaksanaannya paling banyak ada di Pasaman Barat. GEMA FAIR 2020 merupakan kegiatan dari tindak lanjut agenda sebelumnya, yaitu GGS20, yang mana GGS20 yang diketua pelaksanai oleh Doni Suharianto mahasiswa UPI “YPTK” Padang merupakan agenda kunjungan ke sekolah-sekolah dengan memberikan sosialisasi dan motivasi. GGS20 merupakan kepanjangan dari Gema Goes to Schools 2020 di Pasaman Barat.

Beberapa anggota GEMA PASBAR.  (Dok. Istimewa)
Beberapa anggota GEMA PASBAR. (Dok. Istimewa)

GGS20 telah berhasil mengunjungi sekolah 34 sekolah se Pasaman Barat selama 1 bulan, dimulai dari tanggal 4 januari smpai 4 Februari 2020. Adapun yang terlibat sebagai pelaksana adalah para relawan (Volunteer) yang mana merupakan mahasiswa yang berasal dari Pasaman Barat dan sedang melaksanakan kuliah di Kota Padang, luar Kota Padang bahkan luar Negeri. Selama 1 bulan ini terdapat 34 sekolah yang berhasil dikunjungi dari 11 kecamatan se Pasaman Barat, berasal dari 17 jenis kampus yang berbeda, 67 Mahasiswa asal Pasaman Barat dari berbagai suku dan daerah, dan 2918 total pelajar yang terlibat sebagai peserta.

Dalam Rangkaian agenda GGS20, para volunteer akan menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Main Committe of GGS20, yaitu Pemberian Questionnaire (Pertanyaan), Info Beasiswa, Training Motivasi, Bedah Kampus dan Jurusan, serta Mentoring dalam per kelompok untuk berdiskusi secara intens antara pelajar dan kakak-kakak mahasiswa, lalu di akhiri dengan foto bersama.

Dalam Questionnaire para volunteer menanyakan 1. Apa yang akan dilakukan setelah dari sekolah? 2. Jika lulus kuliah ingin kuliah dimana dan jurusan apa? 3. Apa motivasi? 4. Jika tidak lulus di kampus negeri, apa berniat mengambil kampus swasta? 5. Apa kendala anda untuk kuliah? 6. Apa permasalahan terbesar dilingkungan anda? Semua pertanyaan ini ditulis di selembar kertas oleh masing-masing pelajar untuk menjadi bukti secara fisik.

GEMA PASBAR Menggelar GEMA FAIR 2020

Dengan berbagai persiapan Gema Pasbar mempersiapkan agenda selanjutnya yaitu GEMA FAIR 2020 yang dipimpin oleh Real Fandi mahasiswa Pendidikan Kimia UNP 2019.

GEMA FAIR 20 yang dilaksanakan pada tanggal 1 maret 2020, di Gedung Pertemuan Pasaman Barat ini memiliki jenis kegiatan seperti Seminar Motivasi, Bedah Buku dan Bazar Buku.

Seminar Motivasi yang dimulai dengan menampilkan video dokumenter pelaksanaan GGS20 selama 1 bulan dan video motivasi Wingki Mey Hendra,S.Si mahasiswa S2/ Master Student di Gifu University Jepang yang berasal dari Simpang Tigo, Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dan Dewi Silvia Putri Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang asal Ujunggading, Kecamatan Lembah Melingtang Kabupaten Pasaman Barat yang telah menerima 3 jenis Beasiswa dan mahasiswa yang akan menjadi delegasi untuk berangkat ke Amerika pada bulan juni ini.

Rangkaian Acara GEMA FAIR 2020

Hal ini untuk memotivasi adik-adik pelajar yang akan menjadi mahasiswa di tahun 2020 ataupun tahun selanjutnya. Karena ada beberapa kendala yang menjadi penghambat untuk para pelajar Pasaman Barat yang akan kuliah, terkhusus dipermasalahan Biaya. Motivasi yang disampaikan oleh Kak Afnesha Noveriana Chang, S.Pd, MA yang merupakan Alumnus dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan S2 Leeds University of United Kingdom / Inggris berasal dari Bancah Talang Batang Lingkin dan Kak Mia Audina Putri, seorang mahasiswa asal Sungai Aur, S1 Psikologi Universitas Andalas dan Delegation of Student Exchange ke Jepang, serta Seminar/Talk Show yang dimoderatori oleh Fendi Agus Syaputra merupakan mahasiswa S1 Sosiologi Universitas Andalas yang juga penerima 3 jenis beasiswa, seperti Bidikmisi, Beasiswa Kader Surau YBM BRI dan Beasiswa Insan Aksara Astra.

Kak Afnesha yang biasa disapa dengan Kak Nesa menyampaikan bahwasanya “setiap tujuan harus memiliki target yang jelas dan usaha yang maksimal, karena sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, akan terasa aneh jika tidak memiliki mimpi untuk bisa pergi ke Inggris dengan usaha sendiri”.

Kak Mia juga menambahkan bahwasannya ketika akan berusaha kita akan dihadapi dengan berbagai tantangan yang akan membuat kita jatuh, maka yang terpenting adalah kita harus selalu bangkit. Dan Bang Pen juga menutup seminar motivasi ini dengan menyampaikan “bahwa hal ini tidak akan tercapai jika kita juga hanya menargetkan nilai akademik saja, karena ada banyak hal yang bisa kita dapatkan diluar perkuliahan”.

GEMA FAIR 2020 Hadirkan Denni Meilizon

Acara ini juga menampilkan bedah buku oleh Redaktur Tamu Tetap Haluan Budaya dan Sastra SKH Haluan Padang, serta seorang Ketua dari Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat yang bernama Denni Meilizon dan Abri Maijon yang mana merupakan seorang Kepala Sekolah SMP IT Al-Kahfi juga merupakan pemenang dari Lomba Tulis Buku Antalogi Hari Guru Nasional Pesan untuk Mas Nadiem.

Denni Meilizon, Redaktur Tamu Tetap Haluan Budaya dan Sastra SKH Haluan Padang, saat bedah buku di GEMA FAIR 2020. (Dok. Istimewa)
Denni Meilizon, Redaktur Tamu Tetap Haluan Budaya dan Sastra SKH Haluan Padang, saat bedah buku di GEMA FAIR 2020. (Dok. Istimewa)

Bedah buku ini yang juga dimoderatori oleh Fendi Agus Syaputra atau Bang Pen berlangsung dengan lancar dengan adanya pengarahan-pengarahan dalam mendapatkan tips dan trik untuk menulis yang disampaikan oleh masing-masing narasumber agenda Bedah Buku. Agenda ini ditutup dengan penyampaian ataupun testimoni seputar Gema Pasbar oleh Pemateri –pemateri, dapat disimpulkan bahwasannya untuk menjadi mahasiswa tidaklah hanya untuk fokus untuk perkuliahan saja, tapi juga ada pengabdian masyarakat yang bisa didapatkan di berbagai organisasi, terkhusus organisasi daerah seperti Gema Pasbar.

Harapan dari Penyelenggaraan GEMA FAIR 2020

Harapannya peranan mahasiswa berdampak penting tidak hanya difokuskan untuk permasalahan kuliah saja, tapi terdapat nilai sosial yang bersinergi untuk terjun langsung ke masyarakatnya. Dan kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk yang telah terlibat pada agenda ini, terkhusus kepada Dinas Pendidikan, Sponsor, Info Pasbar, Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat, Asosiasi Pelajar Islam (Assalam) Pasaman Barat, Panitia GEMA FAIR 2020, Pelajar Pasaman Barat dan banyak lagi yang mungkin tak dapat disebutkan satu persatu. (*)

Advertisements
Tagged
muhammadfadhli
Reporter dan blogger resmi bagi IslamicTunesNews.com, juga seorang penulis puisi, komposer dan penulis lirik lagu. Aktivitas lainnya adalah owner Diatunes Management, yang menguruskan artis untuk rekaman dan promosi di Indonesia.

Leave a Reply