Suasana pertemuan H. Rozman Abas dari IslamicTunes dengan Ir. Budi Rahardjo dari Insan Musik, M.Sc, PhD, yang diprakarsai oleh Roemah Creative Management. (Dok. Istimewa)

IslamicTunes dengan Insan Musik Siap Berkolaborasi untuk Kejayaan Musik Islami

Meetups, Silaturrahmi & Ukhwah

IslamicTunesNews.com – Seni juga bisa menjadi salah satu media untuk penanaman paham dan ajaran pada masyarakat. Ketika seni dimanfaatkan untuk pengajaran yang keliru, akan membentuk perilaku yang keliru hingga membudaya.

Apalagi seni musik, yang biasanya juga bermuatan lirik. Yang langsung bisa diserap oleh masyarakat pesan-pesannya. Bagi kita yang menginginkan budaya islami untuk dapat menguasai lagi kebudayaan dunia, tentu seni musik juga harus dikuasai oleh para pegiat musik islami. Agar masyarakat banyak disuguhi dengan lagu-lagu yang membawa pesan syariat dan dakwah islamiah, seperti nasyid, selawat, lagu religi islami, dan sejenisnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, para pegiat musik islami perlu diberi ruang untuk mempublikasikan karyanya, agar sampai pada masyarakat luas. Selain itu karya lagu mereka juga perlu diapresiasi, demi produktivitas mereka dalam berkarya.

Pertemuan IslamicTunes dengan Insan Musik Rumuskan Kolaborasi

Menyikapi situasi tersebut, IslamicTunes sebagai sebuah platform berupaya untuk selalu berinovasi, kreatif, dan inklusif. H. Rozman Abas, Owner IslamicTunes pun melakukan pertemuan dengan Ir. Budi Rahardjo, M.Sc, PhD, Owner Insan Musik, pada hari Kami 5 Maret 2020 di Hotel Holiday in – Bandung. Dalam pertemuan tersebut mereka merancang kolaborasi untuk saling menyukseskan para penyanyi yang telah mengamanahkan karya-karya lagu pada platform mereka.

(dari kiri ke kanan) Om Bams dari Roemah Creative Management, H. Rozman Abas dari IslamicTunes, dan Ir. Budi Rahardjo dari Insan Musik, M.Sc, PhD. (Dok. Istimewa)
(dari kiri ke kanan) Om Bams dari Roemah Creative Management, H. Rozman Abas dari IslamicTunes, dan Ir. Budi Rahardjo dari Insan Musik, M.Sc, PhD. (Dok. Istimewa)

Pada pertemuan tersebut, Ir. Budi Rahardjo, M.Sc, PhD, mengatakan, “Pada hari ini, kami bersama-sama ingin melakukan kolaborasi. Semoga kami bisa membantu IslamicTunes untuk mendistribusikan konten-kontennya melalui platform kami, Insan Musik. Demikian pula sebaliknya, konten-konten kami juga bisa ikut didukung oleh platform IslamicTunes. Jadi ini menurut saya adalah kolaborasi yang sangat menyenangkan dan sangat spesial bagi kedua platform. Semoga terjalin kerjasama yang bagus dan menyenangkan.”

Sementara itu, H. Rozman Abas mengatakan, “Pak Budi juga adalah seorang ahli teknologi yang meminati musik, dan ia juga paham musik. Saya secara pribadi, amat sukar mencari orang teknologi yang paham musik, dan juga memahami IslamicTunes, serta memahami perjuangan Islam. Kita harapkan dapat berkolaborasi, mencari jalan dimana titiknya boleh menyambungkan.”

Roemah Creative Management Prakarsai PERTEMUAN ISLAMICTUNES DENGAN INSAN MUSIK

Pertemuan yang berlangsung dari pukul 14.00 – 16.30 WIB ini diprakarsai oleh Muhammad Bambang, yang akrab dipanggil Om Bams, Owner Roemah Creative Management, berisi kegiatan silaturahmi, bincang-bincang  santai sambil santap makan siang, sesi foto bersama, dan membuat konten video pertemuan tentang paparan visi, misi, tujuan kolaborasi antara IslamicTunes dengan Insan Musik. Acara ini juga dihadiri oleh Aip dari Insan Musik, Firman Purnama, komposer yang biasa membuat aransemen musik, beberapa label musik di Indonesia, dan Muhammad Rizki, Tim Kreatif dari Roemah Creative Management.

Pendapat Om Bams Tentang PERTEMUAN ISLAMICTUNES DENGAN INSAN MUSIK

Saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Minggu (8/3/2020), Om Bams mengatakan, “Saya sangat mendukung kolaborasi ini, sudah saatnya syiar dalam syair musik positif religi menjadi trend di kalangan anak muda dan masyarakat luas. Dengan harapan, mewarnai belantika musik menjadi wasilah, jalan dakwah, agar para pendengar, pencinta musik, yang mendengar alunan syair dalam lirik membuat perubahan hijrah dalam sikap, perilaku ke arah yang lebih baik, dan diridhai Allah SWT. Islam mengajarkan keindahan, salah satu unsur keindahan ada dalam seni yang dikemas dengan apik, syair-syair lagunya yang menyentuh hati. Pak Budi Rahardjo adalah seorang pakar IT Indonesia yang senang dan peduli terhadap karya para penulis lagu, sedaya upaya dengan keahliannya di bidang IT, giat membantu produksi karya-karya dari para penulis lagu binaannya, diantaranya dengan mendirikan digital music store, setiap karya lagu diapresiasinya.”

“Semua yang terlibat dalam kolaborasi IslamicTunes dengan Insan Musik, semoga sejahtera semua, bersahabat, menjalin kerjasama di dunia hingga akhirat kelak. Hidup hanya sekali, sebisa mungkin kita dapat memberikan manfaat bagi ummat,” kata Om Bams.

Suasana pertemuan H. Rozman Abas dari IslamicTunes dengan Ir. Budi Rahardjo dari Insan Musik, M.Sc, PhD, yang diprakarsai oleh Roemah Creative Management. (Dok. Istimewa)
Suasana pertemuan H. Rozman Abas dari IslamicTunes dengan Ir. Budi Rahardjo dari Insan Musik, M.Sc, PhD, yang diprakarsai oleh Roemah Creative Management. (Dok. Istimewa)

Om Bams juga mengatakan, “Niatkan bernasyid untuk ibadah karena Allah SWT, tujuan utama adalah bersyiar dalam syair lirik lagu setiap karya yang diciptakan harus menjadi tuntunan bagi ummat, dan sikap sebagai musyid pun harus lebih baik dalam bersikap dan berperilaku, berakhlak seperti akhlak Rasulullah SAW. Dengan terbinanya kolaborasi antara IslamicTunes dan Insan Musik semoga pegiat lagu-lagu islami dan orang-orang di belakang layarnya memperoleh kehidupan yang lebih baik, lebih sejahtera, dan karya-karya lebih diapresiasi.”

“Kolaborasi IslamicTunes dengan Insan Musik akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan berikutnya. Insyaallah, dalam waktu dekat Pak Budi Rahardjo ada agenda kerja ke Kuala Lumpur,” kata Om Bams.

Mohon Doakan Om Bams

Saat ini Om Bams dalam keadaan diuji oleh  Allah SWT, masih dalam keadaan stroke. Demi kemaslahatan bersama, beliau mengusahakan pertemuan antara Owner IslamicTunes dengan Insan Musik dapat terlaksana. Walaupun berjalan dengan tongkat, berbicara belum jelas, dan yang berfungsi sekarang menggunakan tangan kiri, namun beliau berupaya juga untuk turut hadir pada pertemuan ini. Mari kita doakan, semoga Allah SWT turunkan keajaiban-Nya, sehingga Om Bams dapat sehat walafiat kembali dan dapat berkarya lagi untuk ummat. (*)

Advertisements
Tagged
muhammadfadhli
Reporter dan blogger resmi bagi IslamicTunesNews.com, juga seorang penulis puisi, komposer dan penulis lirik lagu. Aktivitas lainnya adalah owner Diatunes Management, yang menguruskan artis untuk rekaman dan promosi di Indonesia.

Leave a Reply