Pesan Melly Goeslaw Lewat Lagu Religi

Eksistensi Melly Goeslaw di dunia musik sudah tidak diragukan lagi, musikalitasnya sudah diakui oleh penikmat musik di Tanahair, bahkan juga oleh beberapa negara di Asia Tenggara.

Melly Goeslaw memulai karir musik pada tahun 1988, dengan merilis album solo pertamanya yang bertajuk ‘Pilihanku Deritaku’. Saat itu ia masih menggunakan nama Meliana Cessy. Meskipun langkah awalnya ini belum mampu melejitkan karakternya di belantika musik Indonesia namun ia tak berhenti sampai di situ. 

Hingga tujuh tahun kemudian, bersama grup musik Potret, Melly Goeslaw berhasil menarik perhatian masyarakat lewat album lagu bertajuk Potret yang dirilis pada tahun 1995. Karakter nyentrik dengan lirik-lirik lagu antimainstream-nya mampu mendapatkan tempat di saat genre musik rock dan dangdut tengah menguasai pasar musik Indonesia pada saat itu.

Melly Goeslaw, Penyanyi Nasional. (Dok. Istimewa)
Melly Goeslaw, Penyanyi Nasional. (Dok. Istimewa)

Kesuksesan bersama Potret menjadi kesempatan emas bagi Melly Goeslaw untuk membangun karakter soloisnya. Tawaran mengisi soundtrack film Ada Apa Dengan Cinta makin melambungkan namanya, dan tawaran untuk mengisi soundtrack film berikutnya pun berdatangan.

Keberhasilan Melly Goeslaw menjadi salah seorang penyanyi papan atas Indonesia beranjak dari bakat menulis lagu dan musikalitas yang dimilikinya, bukan karena kebesaran nama ayahnya sebagai salah seorang penyanyi legendaris di Indonesia.

Melly Goeslaw, Penyanyi Nasional. (Dok. Istimewa)
Melly Goeslaw, Penyanyi Nasional. (Dok. Istimewa)

Menyimak lirik-lirik lagu Melly Goeslaw kita bisa menangkap pesan-pesan religius yang ingin disampaikannya. Karakter karyanya yang mayoritas bertema roman dan mengedepankan tentang perasaan seorang wanita, mungkin saja membuat Melly Goeslaw tak ingin mengklaim dirinya sebagai seorang penyanyi religi.

Meskipun begitu, pada usianya yang saat ini telah menginjak 46 tahun tentu membuat Melly Goeslaw juga ingin melahirkan karya yang mengandung nilai-nilai dakwah islamiah dalam menyampaikan syariat Islam, dari ajaran agama yang dianutnya.

Keinginan tersebut terbaca dari karya lagunya yang berjudul Lagu Religi. Lirik lagu ini memuat beberapa pesan, khususnya untuk para pegiat lagu religi. 

Pesan Melly Goeslaw Lewat Lagu Religi

Adapun beberapa pesan yang dapat kita tangkap dari lirik Lagu Religi dari Melly Goeslaw adalah sebagaimana berikut;

1. Para pegiat lagu religi agar selalu produktif berkarya.

2. Lahirkanlah karya lagu religi pada setiap waktu, tanpa harus menunggu bulan Ramadan tiba.

3. Setiap bulan di luar Ramadan juga adalah bulan gembira bagi para pegiat lagu religi untuk melahirkan karya dan melantunkannya di berbagai event.

4. Lagu religi tak mesti selalu dibawakan dengan mendayu, bisa saja dengan mengantarkan kesedihan akan dapat menggugah dan menggetarkan pendengarnya lewat pesan dakwahnya.

5. Jangan memanfaatkan lagu religi untuk jadi pencitraan diri. Selalulah jadi pribadi yang baik di setiap waktu.

6. Lagu religi jangan dimanfaatkan semata hanya untuk keuntungan materi.

Lagu yang berjudul Lagu Religi ini dinyanyikan Melly Goeslaw duet dengan Hedi Yunus. Dikemas dalam konsep musik bernuansa jazz dan pop tahun 80-an.

Kita juga mendoakan, semoga Melly Goeslaw kelak melahirkan karya lagu yang lebih dalam menyampaikan pesan dakwah islamiah, tanpa takut meninggalkan tema roman percintaan yang orang bilang lebih komersial itu. (*)

Advertisements

Leave a Reply