Poster film Ajari Aku Islam. (Dok. Istimewa)

Pesan Tersembunyi Film Ajari Aku Islam

Film, Movie and Video Reviews

Sebuah karya seni baik disengaja maupun tidak, akan membawa pesan-pesan untuk para penikmatnya. Begitu juga dengan Film Ajari Aku Islam yang dibintangi oleh Roger Danuarta, aktor Indonesia yang baru saja jadi mualaf, dan Cut Meyriska.


Film Ajari Aku Islam yang dikabarkan akan diputar mulai 17 Oktober 2019 pada bioskop di Indonesia dan Malaysia ini mengangkat kisah nyata yang dialami sendiri oleh Jaymes Riyanto, executive producer-nya, tentang seorang pemuda Tionghoa yang jatuh hati pada seorang gadis Melayu. Perbedaan latar budaya dan agama dari kedua insan tersebut tentu akan menimbulkan benturan dan polemik yang mendilema.


Meskipun executive producer film ini mengklaim bahwa film ini bukan film islamisasi, dari trailernya yang dirilis sejak 4 Juni 2019 ada pesan-pesan syariat Islam yang dapat diambil oleh penontonnya.


Adapun pesan-pesan tersembunyi pada film Ajari Aku Islam dapat kita rangkum sebagaimana berikut;


1. Muslimah boleh nikah dengan suku bangsa manapun, asalkan ia berakidah Islam.
2. Islam itu adalah rahmatan lil alamin, rahmat bagi alam semesta.
3. Lakum diinukum wa Liya Diin (Bagiku agamaku, bagimu agamamu)
4. Kesetiaan. Bagi seseorang yang tidak memiliki kesetiaan akan mudah untuk terjerumus pada kemurtadan.
5. Tidak boleh israf (berlebihan/melampaui batas) dalam mencintai dunia. Karena yang pantas untuk sangat kita cintai itu hanya Allah SWT.
6. Lebih memilih objek wisata religi bernuansa Islam daripada yang lainnya. Film Ajari Aku Islam ini mengambil lokasi syuting di Kota Medan, dengan menonjolkan Masjid Raya Medan. 
7. Menegakkan shalat. Dengan shalat seseorang terhindar dari perbuatan yang tidak baik, dengan shalat umat Islam dapat menentukan pilihan yang tepat saat mengambil keputusan.


Lagu Ana Uhibbuka Fillah dari penyanyi asal Kota Pekanbaru menjadi soundtrack film ini. Aci Cahaya adalah penyanyi Loonaq Records yang lagunya tersebut dipromosikan dan dipasarkan oleh IslamicTunes. (*)

Advertisements
Tagged
muhammadfadhli
Reporter dan blogger resmi bagi IslamicTunesNews.com, juga seorang penulis puisi, komposer dan penulis lirik lagu. Aktivitas lainnya adalah owner Diatunes Management, yang menguruskan artis untuk rekaman dan promosi di Indonesia.

Leave a Reply