RJv Maknai Tamsilan Alam Lewat Rilis Lagu Perdana “Indah kan Menanti”

Islamictunes News New Released New Talent

Peristiwa-peristiwa alam yang terjadi adalah tamsilan bagi umat manusia untuk dapat dijadikan bahan kontemplasi agar semakin meyakini kebesaran Sang Pencipta sebagai bekal dalam menempuh kehidupan di dunia. Berangkat dari tamsilan ini, RJv terinspirasi melahirkan karya lagu perdananya yang berjudul ‘Indah kan Menanti’. Lagu ini dirilis pada hari Selasa 17/9/2019 di kanal YouTube IslamicTunes.

“Lirik lagu ini terinspirasi dari sebuah hadis, dimana seorang mukmin diibaratkan seperti dahan yang akan miring ketika diterpa oleh angin, dan ketika telah tenang maka dahan itu akan kembali tegak seperti semula. Pada penggalan lirik yang lain juga ada kata pengandaian, yaitu pelangi. Pelangi merupakan fenomena alam yang umum terjadi sehingga mudah bagi setiap orang untuk menafsirkannya. Menambahkan unsur sastra pada lirik ini, penulis harapkan lagu ini bukan hanya indah didengar tetapi juga indah dibaca,” kata Afindra, salah seorang personal RJv saat kami wawancarai, Rabu (18/9/2019).

Para personal grup RJv. (Dok. Istimewa)

Afindra juga mengatakan, “Intinya, pesan yang ingin disampaikan lagu ini adalah agar setiap orang mampu merasa, mendengar dan melihat akan hikmah dari kejadian yang Allah berikan. Kemudian meyakini akan ada keindahan yang menanti, jika kita mampu melaluinya.”

“Lirik, irama, dan aransemen lagu ini saya buat di Exito Studio Padangsidimpuan. Untuk penyempurnaan pada harmonisasi dan improvisasi dilakukan dengan berdiskusi bersama grup. Semoga lagu ini dapat relevan sampai kapanpun karena bertemakan motivasi,” kata Afindra.

Grup RJv berasal dari Kota Padangsidimpuan, Provinsi Sumatera Utara, berdiri sejak tahun 2007. Saat ini memiliki empat orang personal; Iwan (Padangsidimpuan), Afindra (Padangsidimpuan), Syawal (Sibolga), dan Irno (Sibolga). Grup RJv saat ini berada dibawah manajemen Ade Reskanna, M.A.P.

“RJv itu ada dua kepanjangannya, sesuai dengan konten lagu yang kami rilis dan panggungkan; Relung Jiwa Voice, untuk lagu-lagu nasihat penyentuh jiwa, dan Ruhul Jadid Voice, untuk lagu-lagu motivasi pembakar jiwa,” kata Afindra.

Para personal grup RJv. (Dok. Istimewa)

Selain itu Afindra juga mengatakan, “Alasan RJv memilih jalur lagu religi dalam berkarya adalah untuk dakwah. Karena yang membuat para personal personil bersatu untuk membangun RJv adalah karena sama-sama ingin berjuang untuk dakwah, dan berharap mampu meninggalkan warisan karya dalam bentuk dakwah. Semoga karya-karya lagu yang disampaikan RJv bisa menambah kecintaan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah, juga menjadi alternatif dakwah lewat bidang seni musik khususnya.”

“Saat ini RJv aktif mengisi kegiatan konser amal, acara keagamaan dari kepemerintahan maupun lembaga swasta, dan seminar. Dalam upaya memajukan RJv kami selalu berusaha menjalin dan membangun komunikasi, baik antar personil maupun antar keluarga. Untuk menjaga kualitas vokal kami lakukan dengan cara istirahat yang cukup dan melakukan latihan rutin,” kata Afindra. (*)

Tagged
muhammadfadhli
Reporter dan blogger resmi bagi IslamicTunesNews.com. Juga seorang penulis puisi, komposer dan penulis lirik lagu, dan aktivitas lainnya adalah owner Diatunes Management, yang menguruskan artis utk rekaman dan promosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *