Tampil di Cirebon, Vocassalam Maknai Pentingnya Peran Keluarga bagi Generasimuda

Keluarga menjadi proses awal bagi pembentukan kepribadian seseorang. Mengingat besarnya peranan keluarga, DPD PKS Kabupaten Cirebon menggelar Seminar Keluarga pada hari Sabtu 14 Desember 2019 mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Markaz Besar DPD PKS Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Seminar ini mengangkat tema ‘Membentuk Keluarga Dakwah Produktif’, menghadirkan seorang Pakar Parenting, dr. Aisyah Dahlan sebagai pembicaranya, dan juga penampilan nasyid dari grup Vocassalam.

 Vocassalam foto bersama dr. Aisyah Dahlan pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa)
Vocassalam foto bersama dr. Aisyah Dahlan pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa)

Ikut tampil memeriahkan seminar ini, Vocassalam tampil dengan 3 orang personalnya; Zaki , Imam, dan Giri. Penampilannya diiringin oleh  Royan (keyboardis), Sandi (gitaris), dan Wahib (violinis). Vocassalam menampilkan dua karya lagunya, Harapan kan Selalu Ada, dan Jejak Surga. Selain itu juga ada 6 lagu lainnya; Ibu (Sakha), Love (Edcoustic), Keluarga Cemara (BCL),  Permata Hati (Nazrey Johani),  El Oum (Sabyan), dan Iman Mutiara (Raihan).

Pendapat Vocassalam Tentang Membentuk Keluarga Dakwah Produktif

Zaki, salah seorang personal Vocassalam saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya, Selasa (17/12/2019) mengatakan, “Alasan kami menampilkan 8 lagu tersebut pada acara seminar keluarga ini karena lagu-lagu tersebut memiliki pesan positif untuk kehidupan sehari-hari, terkait interaksi dengan keluarga, dalam upaya ikut mengajak kita semua agar mensyukuri nikmat hidup berkeluarga yang Allah SWT anugerahkan untuk kita semua.”

“Keluarga adalah basis utama pendidikan dan ketahanan umat, maka perlu disiapkan, dikelola, dan diarahkan sebaik mungkin, agar terbangun figur keluarga Islami yang produktif,” kata Zaki.

Zaki juga mengatakan, “Ada sekitar 200 peserta pada acara ini. Dihadiri oleh bapak H. Ridwan (Anggota Dewan Kabupaten Cirebon), bapak Junaedi, ST (Ketua Umum DPD PKS Kabupaten Cirebon), Kyai Nurul Ain Akyas, Lc (Tokoh Ulama Kabupaten Cirebon dan Pengasuh Ponpes Al-Hikmah Cirebon). Hadir pula para tokoh guru dan pengasuh-pengasuh ponpes dari wilayah Cirebon.”

“Suasana acara begitu meriah, peserta begitu semangat mengikuti acara. Saat Vocassalam membawakan lagu Keluarga Cemara mereka ikut bernyanyi. Ada penampilan puisi dari Kyai Nurul juga di tengah penampilan Vocassalam. Saat pemateri dr. Aisyah Dahlan menyampaikan materi seminar, peserta begitu antusias. Beliau menyampaikan materi dengan santai, namun teoritis, diselingi humor, membuat hadirin makin menikmati acara,” kata Zaki.

Selain itu Zaki juga mengatakan, “Keluarga itu salah satu pintu surga, di situ ada ruang-ruang bakti kepada orangtua, ada ladang sedekah dan nafkah, berjuang, tolong menolong, ladang tarbiyah, nasehat dan teladan. Jadi makna dan fadhilahnya sangat luas. Semua itu adalah ladang kebaikan. Maka dakwah dalam kehidupan keluarga sangat penting.”

“Untuk membangun keluarga dakwah produktif, diperlukan kesadaran masyarakat untuk selalu mengarahkan keluarganya agar memiliki nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, berupaya meningkatkan kualitas keislaman dengan mengikuti kajian-kajian keluarga, seperti seminar sekarang ini contohnya,” kata Zaki.

Pendapat dr. Aisyah Dahlan Tentang Membentuk Keluarga Dakwah Produktif

Kata Zaki, saat menyampaikan materinya, Dr. Aisyah Dahlan mengatakan, “Manusia itu makhluk sosial, di manapun mereka akan membentuk komunitas. Keluarga adalah kumpulan komunitas terbaik dalam berinteraksi sosial, maka perlu diatur dengan baik, agar terbentuk generasi unggul bermental positif. Maka pola pendidikan orangtua sangat dominan untuk mental anak, jangan sampai mereka tidak menemukan kebahagiaan dalam keluarga, yang akhirnya membuat anak terjerumus dalam komunitas yang salah, teman yang salah dalam kondisi yang salah pula. Menurut penelitannya, inilah akar penyebab banyak anak muda terjerumus pada narkoba, sex bebas, karena pelampiasan dari kondisi keluarganya yang semrawut. Oleh karena itu, penting membangun edukasi tentang mengelola keluarga muslim sesuai harapan Rasulullah SAW, agar hidup menemukan ketenteraman dan keharmonisan (sakinah), saling mencintai (mawaddah), dan saling memberikan kasih sayang (rahmah).”

dr. Aisyah Dahlan juga mengatakan, “Kembali kepada goal setting dalam berkeluarga yaitu sakinah mawaddah warrahmah. Di situ ada pendidikan hidup. Saling memahami, menasehati, mengarahkan, tolong menolong, kejujuran, cinta. Contoh bagaimana pola asuh anak laki-laki dan perempuan tentu berbeda karena mereka memiliki struktur otak yang tidak sama. Maka teori membagun keluarga perlu dikembangkan demi membangun generasi yang kuat, religius, jauh dari ancaman narkoba, dan mengikis kenakalan remaja di era ini.”

Vocassalam saat tampil pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa)
Vocassalam saat tampil pada Seminar Keluarga di Cirebon, Sabtu 14/12/2019. (Dok. Istimewa)

Menyaksikan penampilan Vocassalam, dr. Aisyah Dahlan mengatakan, “Keren. Lagu-lagu dengan lirik positif akan masuk ke memori otak dengan pesan-pesan yang positif, maka pasti berpengaruh positif juga pada tubuh kita. Sukses dan semangat terus mengembangkan grup nasyid Vocassalam sebagai bagian dari dakwah untuk menegakkan syariat Islam.” (*)

Advertisements

Leave a Reply